Sabtu, 09 Juli 2011

Perkembangan Internet di Indonesia Pada Tahun 2010

omScore telah merilis laporan lengkap mereka tentang keadaan Internet pada tahun 2010 di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Di laporan tersebut terdapat poin-poin yang menarik tentang perkembangan Intenet di Indonesia, berikut adalah poin-poin tersebut:
  • Indonesia mengalami peningkatan pengguna Internet sebesar 32 % pada tahun 2010, paling tinggi perkembangannya di antara negara Asia Tenggara lainnya
  • Total pengguna Internet di Indonesia pada Desember 2010 adalah sebanyak 8,6 juta pengguna
  • Pengguna Internet di Indonesia kebanyakan adalah pengguna berumur 15-25 tahun (40% total pengguna Internet Indonesia)
  • Lama penggunaan Internet per pengguna di Indonesia adalah 14,8 jam, paling rendah di antara negara Asia Tenggara lainnya
  • Pengguna Internet laki-laki lebih lama online di Internet daripada perempuan di Indonesia (dengan perempuan menguasai 36% pasar Internet Indonesia)
  • Penetrasi jejaring sosial (terutama FaceBook) di Indonesia mencapai 90%
  • Indonesia adalah negara ke-8 tertinggi untuk penetrasi FaceBook di dunia
  • 21% pengguna Internet di Indonesia mengakses website Twitter pada Januari 2011, menempati urutan ke-4 di dunia untuk penggunaan Twitter
  • Pengakses website yang menyajikan fitur sharing foto (terutama FaceBook) mencapai 90% di Indonesia
  • Penetrasi situs travel di Indonesia sebesar 22% di tahun 2010 (meningkat 42% dibanding tahun 2009)
  • Penetrasi situs ritel di Indonesia sebesar 50% di tahun 2010 (meningkat 20% dibanding tahun 2009)
  • Pengguna online banking di Indonesia meningkat 72% pada tahun 2010 (mencapai 749 ribu pengguna unik)
  • Online banking yang paling banyak diakses di Indonesia adalah: bankmandiri.co.id, bni.co.id, dan citigroup
  • Penetrasi situs multimedia di Indonesia mencapai 55%, menurun 1% dibanding tahun 2009
  • Penetrasi situs blog di Indonesia mencapai 68% pada tahun 2010, meningkat 8% dibanding tahun 2009 dan merupakan penetrasi paling besar di antar negara Asia Tenggara lainnya
  • Pangsa pasa Google search di Indonesia mencapai 85% dan rata-rata search per pengguna di Indonesia mencapai 91,4
Kategori-kategori utama untuk penggunaan Internet di Indonesia pada tahun 2010 adalah sebagai berikut:
Kategori Utama Penggunaan Internet di Indonesia pada Tahun 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar